Rasulullah Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang ditunjuk oleh ALLAH SWT untuk menegakkan Dinul Islam di dunia sebagai petunjuk bagi ummat manusia sebelum mereka menghadapi hari akhir.Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin,pemberi contooh dan panutan bagi kaum muslimin,tindakan-tindakan beliau secara pribadi maupun dihadapan publik selalu dapat bimbingan dari Allah SWT sehingga beliau SAW menjadi lambang bagi orang yang berrbudi luhur,berkarakter dan berperilaku mulia.
Rasulullah SAW dicintai dan dihormati oleh generasi awal kaum muslim yang meniru,mengagumi dan mencontoh perbuatan serta sikap beliau dalam kehidupan sehari - hari.Dalam Al-Qur'an surah Ali imran ayat 31 disebutkan:katakanlah (wahai muhammad):"jika kamu(benar-benar)mencintai Allah,ikutilah aku,niscaya Allah mengasihi mu dam memngampuni dosa-dosamu.Allah maha pengampun lagi maha penyayang".


Tantangan  Kehidupan Modern Bagi Muslimah   
   Saat ini,telah banyak Muslimah yang taat menerapkan ajaran Islam dalam keseharian hidup mereka.Mereka pun tidak enggan untuk terjun kedunia dakwah.Para muslimah ini juga begitu bersemangat untuk tetap memelihara dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW,terutama yang bekaitan dengan kehidupan mereka sebagai wanita.
   islam memberi garis batas tegas mengenai gender.Misalanya,menunaikan shalat di mesjid,lebih disarankan bagi kaum laki-laki muslim dan bukan bagi wanita muslimah.Oleh sebab itu,para muslimah harus mencontoh kehidupan para wanita yang hidup dizaman Rasulullah SAW,untu kmenerapakan nya dikehidupan masa kini.
   Para wanita mulia di lingkungan Rasulullah SAW yang paling utama untuk dijadikan panutan adlah para istri dan putri Rasulullah SAW.banyang diantara mereka yang memiliki keilmuan islam yang mumpuni.
   Dizaman sekarang,tantang terbesar bagi kaum wanita dalam level global ketika mereka memilih untuk menerapakan Sunnah Rasulullah SAW sebagai cara hidup mereka adalah,asumsi yang menyebutkan bahwa islam dan kaum pria telah menindas kaum wanita untuk memaksa mereka untuk berpakaian serba sederhana,dan memerintahakan mereka untuk lebih fokus dalam hal rumah tangga dan keluarga.bukannya karir di luar rumah.
  Banyak muslimah yang mematuhi sunnah Rasulullah dan ingin menerapkan cara hidup yang islami.tetapi,kesalah pahaman tentang kaum perempuan dalam islam yang dilakukan oleh media dan kelompok-kelompok yang berbasis gender membuat stereotype macam tadi terus terpelihara.
  Tantang sebenarnya,bukanlah mengenai efektifitas dalam menjalankan Sunnah.Melainkan mengatasi berbagai kendala dan prasangka negatif tentang islam.jika hal itu dapat diatasi,maka ummat islam telah membuktikan diri untuk mampu hidup dengan jalan yang mereka pilih.Jalan Isalm dan Sunnah Rasulullah SAW. 



                                                                                                                        By Hafshah "IQRO"                

0 komentar:

Posting Komentar